Dunia Maya Indonesia akan Gelap Gulita

HARI-hari ini dunia maya seakan gelap. Beberapa situs yang menyediakan saluran informasi dan aplikasi gratis menutup diri. Mozilla, Wikipedia, termasuk WordPress tempat saya memposting coret-coretan ini, dll…

Ini aksi perlawanan terhadap rencana pengesahan Undang-undang Antipembajakan (Stop Online Piracy Act) oleh parlemen di AS. Pendeknya, sesiapa yang tanpa izin menggunakan karya/produk yang disebut dalam UU itu bakal dijebloskan ke bui. Yah, ini tak beda dengan kriminalisasi terhadap kebebasan mengakses dan menyebarkan informasi di internet.

Ide pengesahan undang-undang ini sudah lapuk. Anti kekebasan informasi. Mereka yang bersemangat mengetok palu rancangan undang-undang itu mengidap sindrom idiot-sinkratik. Mereka memaksa warga dunia maya lain kembali zaman batu. (Hmm… saya membayangkan hidup di zaman batu di mana manusia berekspresi melalui corat-coret di dinding-dinding bebatuan. Lalu di dinding batu yang saya tulis ada yang membalas, ada yang mengomentari, ada pula yang memposting alamat tautan batu lain yang berisi corat-coret sejenis… )

Pendukung legalisasi rancangan undang-undang zaman batu ini adalah mayoritas kalangan Holywood, seperti anggota Motion Picture Association of America (MPAA). Mereka sewot karena produk-produknya kerap menjadi target pembajakan. Sementara, barisan yang kontra terhadap rencana legalisasi ini sudah berderet rapat. Rata-rata sudah familiar di mata kita. Ada Wikipedia. WordPress. Mozilla. Google. Facebook. Twitter…

Sebagai salah satu anggota masyarakat di negara yang masuk dalam daftar pembajak digital dan pengguna social media terbesar, mestinya kita patut prihatin dan cemas. Cemas karena pemodal, korporasi hingga pejabat publik termasuk di Kementerian Kominfo yang langit pengetahuannya pendek bakal latah untuk bikin regulasi serupa di sini. Kita perlu cemas karena akan banyak teman, tetangga, saudara atau kita sendiri yang sangat mungkin ikut terseret ke penjara.

Saya sendiri ikut khawatir. Kebiasaan saya yang ringan tangan meng-copas link, men-share video di Youtube, Vimeo, atau lainnya ke kawan, saudara atau tetangga sebelah, sangat mungkin diawasi oleh intel-intel “Big Brother” di internet.

Seandainya undang-undang itu digolkan, … saya terpaksa menggunakan batu. Ada yang tidak setuju?

Leave a comment

Filed under Law

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s